Indonesia Minggu, 29-01-2023 Jam 19:09:44
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

SMAN 1 Muara Teweh Gelar Kegiatan Expo 2022

by Redaksi - Tanggal 28-03-2022,   jam 19:09:44
SMAN 1 Muara Teweh Gelar Kegiatan Expo 2022 KERAJINAN TANGAN-Kadis Budparpora Barito Utara Hj Annisa Cahyawati bersama para dewan guru saat meninjau stand kerajinan tangan pada Expo 2022 di SMAN 1 Muara Teweh, Senin (28/3/2022).(foto:ist)

KALTENGSATU, Muara Teweh – SMAN 1 Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut) menggelar kegiatan Expo 2022 di halaman SMAN 1 Muara Teweh, Senin (28/3/2022). Expo 200 dibuka secara langsung Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparopra) Barito Utara Hj Anisa Cahyawati.

 

Dalam kegiatan pembukaan tersebut juga dihadiri Sekdis Pendidikan Barito Utara, Ketua Komite, Kepala SMAN/SMKN, SMP dalam kota Muara Teweh, pengawas SMA/SMK, pelatih dan pendamping, dan siswa siswi SMAN 1 Muara Teweh serta undangan lainnya.

 

Kadis Budparopra Hj Annisa Cahayawi mengatakan SMAN 1 Muara Teweh saat ini telah menggunakan Kurikulum sekolah penggerak dan berhasil melaksananakan keguiartan atau event yang sangat baik ini yaitu Smansa Expo 2022.

 

“Dalam kegiatan ini bertemakan kearifan lokal yang mana hasil project mata pelajaran umum, Mipika dan Sosial serta karya karya peserta didik ditampilkan untuk dipamerkan juga ornamen kaligrafi, tari daerah, musik etnik dayak, musikal badongkoi, permainan tradisional balogo, dan juga karya ecobrik, kewirra usahaan kerajinan hasil limbah serta kuliner,” kata Hj Annisa.

 

Kami kata Kadis Budparporaselaku leading sektor yang menangani pemajuan kebudayaan mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta terima kasih atas seluruh usaha SMAN 1 Muara Teweh dalam melestarikan seni dan budaya daerah Barito Utara.

 

“Diharapkan nantinya, dengan dilaksanakannya kegiatan ini Barito Utara tidak akan kehilangan generasi-generasi yang cinta seni budaya dan wisata sendiri, yaitu seni budaya dan wisata Barito Utara, karena pada era milenial seperti sekarang ini, budaya luar lebih mendominasi dan jangan sampai menenggelamkan buda asli kita dan Indonesia,” kata dia.

 

Lebih lanjut Hj Annisa, SMAN 1 Muara Teweh meru[akan salah satu diantara sekolahyang sejak lama menjadi mitra Disbudparopra Barito Utara. Salah satunya yaitu ikut serta dalam kegiatan Paskibraka, festival pelajar dan seluruh lomba yang diadakan dalam rangka pelaksanaan tupoksi Disbudparpora serta pelestarian kebudayaan daerah, SMAN 1 Muara Teweh selalu ikut berpartisipasi.

 

Selain itu juga jelasnya, selain dalam kegiatan pembinaan atau pengajaran ekstra kulikuler seni budaya, SMAN 1 Muara Teweh bersinergi dengan melibatkan SDM-SDM seni budaya atau seniman pada Dinas Budparpora Barito Utara.

 

Pada kesempatan itu Kadis Budparpora Hj Annisa Cahyawati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dalam mengembangkan kurikulum kearifan lokal, serta mengunduh informasi pada laman Media Sosial Disbudparpora.

 

Hal ini kata Hj Annisa tentunya menjadi pemicu semangat kita dalam dalam upaya pemajuan kebudayaan daerah. Semoga sinergitas kita akan membawa banyak kebaikan bagi Kabupaten Barito Utara. Kami juga menyampaikan kepada adik-adik pelajar, agar kreatif dalam bermedia sosial, mari kunjungi objek-objek wisata di Barito Utara.

 

“Buatlah konten-konten seni budaya atau konten positif lainnya dengan latar belakang objek wisata, membuat fotografi yang indah dan sebar luaskan melalui media sosial adik-adik sekalian. Mari kita bawa daerah kita Barito Utara untuk semakin dikenal lebih luas dan menjadi kabupaten terdepan Ki kalimantan Tengah,” pungkasnya.(kh3)